top of page

Strategi Digital Marketing dengan Viral Marketing



Pemasaran dan periklanan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hubungannya antara bisnis dan ruang publik karena periklanan memiliki peran dalam masyarakat dalam penyampaian suatu pesan sehingga tak heran jika periklanan saat ini dapat mengendalikan atau mempengaruhi publik dalam pengambilan suatu keputusan produk atau jasa. Peran industri periklanan/komunikasi menjadi salah satu penyokong bergeraknya perekonomian pada saat ini, karena peran periklanan menjadi suatu alat penyampaian pesan yang sangat efektif dan luas jangkauannya baik itu untuk kepentingan publik mauapun bisnis. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.


Viral marketing adalah strategi digital marketing komunikasi yang berkaitan dengan menciptakan pesan online yang original dan cukup menghibur yang mendorong customer untuk menyampaikan pesan itu ke konsumen lainnya, menyebarkan pesan di dalam web seperti virus secara gratis tanpa membebani si pengiklan.


Viral Merketing merupakan salah satu tren yang terjadi pada era evolusi pemasaran dan komunikasi saat ini. Betapa tidak, konsep viral marketing telah menjadi bukti efektif sarana komunikasi pemasaran saat ini. Viral marketing terbukti menjadi sebuah konsep low budget-high impact dalam kegiatan promosi saat ini. Brand-brand besar dunia saling adu kreatif dalam melaksanakan kampanye mereknya melalui konsep strategy viral marketingnya, sebut saja brand Red bulls, Burger King, Coca-cola, Nike, Mercedez Benz telah berhasil menaikkan tingkat awareness brandnya, engagement point maupun conversation rate bahkan hingga naiknya volume sales mereka.


Seiring dengan lahirnya berbagai media periklanan pada saat ini maka sifat dan model dari periklanan menjadi beragam bentuk dan cara penyampaiannya, seperti salah satu media yang sangat signifikan perkembangannya dalam satu dekade ini adalah media digital, karena di dalam media ini dapat di implementasikan berbagi macam bentuk komunikasi dan informasi yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya kepada khalayak luas dengan menetapan strategi-strategi dalam penyampaian pesan.


Viral marketing adalah strategi digital marketing komunikasi yang berkaitan dengan menciptakan pesan online yang original dan cukup menghibur yang mendorong customer untuk menyampaikan pesan itu ke konsumen lainnya, menyebarkan pesan di dalam web seperti virus secara gratis tanpa membebani si pengiklan.


Periklanan adalah fenomena bisnis modern, tidak ada perusahaan yang ingin maju dan memenangkan kompetisi bisnis tanpa mengandalkan iklan. Demikian penting peran iklan dalam bisnis modern sehingga salah satu bentuk bonafiditas perusahaan terletak pada seberapa besar dana yang dialokasikan untuk iklan tersebut dan di samping itu iklan merupakan jendela kamar dari sebuah perusahaan dimana keberadaannya menghubungkan perusahaan dengan masyarakat, khususnya para konsumen. Periklanan membutuhkan biaya yang besar, tetapi mempunyai pengaruh daya jangkau yang luas. Iklan dapat didefinisikan sebgai sebuah pengiriman pesan melalui suatu media yang dibayar sendiri oleh pemasang iklan. Untuk mencapai audiens sasaran, para pengiklan akan mempergunakan berbagai jenis media baik cetak maupun elektronik. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial.

1 view0 comments
bottom of page